Bertempat di Vizie Café, Jasa Raharja Perwakilan Lahat yang terdiri dari Kepala Jasa Raharja Lahat Arya Aditya, PJ Bidang Pelayanan Dodi Apriadi, Plt. Kasir Dian Rosi Juniarti, Staf Adm. Tk. II Bidang Asuransi Fachradina Yuniar, PJ Samsat Muara Enim Adrian Syafri, dan PJ Samsat Empat Lawang Edwan Kiko menggelar sosialisasi bersama para pengemudi ojek online yang ada di Kabupaten Lahat pada hari Minggu, 08 September 2024, sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya keselamatan berlalu lintas. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik mengenai peran dan fungsi Jasa Raharja, serta memperkenalkan aplikasi inovasi dari Jasa Raharja yaitu JR Safety Road dan mensosialisasikan program pemutihan pajak kendaraan bermotor yang sedang berlangsung di Provinsi Sumatera Selatan.
Kepala Jasa Raharja Lahat, Arya Aditya menjelaskan bahwa pengemudi ojek online memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung keselamatan lalu lintas. “Sebagai garda terdepan dalam pelayanan transportasi, pengemudi ojek online harus menjadi contoh dalam mematuhi aturan lalu lintas dan berkendara dengan aman,” ujarnya. Dalam kesempatan tersebut, Jasa Raharja juga menyampaikan secara detail mengenai peran dan fungsi Jasa Raharja. Jasa Raharja adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang memiliki tugas memberikan perlindungan dasar kepada setiap korban kecelakaan lalu lintas jalan raya dan kereta api. “Jasa Raharja berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik dan tercepat kepada seluruh korban kecelakaan lalu lintas,” tegas Arya Aditya.
Selain itu, Jasa Raharja Lahat juga memperkenalkan aplikasi JR Safety Road. Aplikasi JR Safety Road merupakan inovasi terbaru dari Jasa Raharja yang dirancang untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap keselamatan berlalu lintas. Pada aplikasi JR Safety Road terdapat beberapa fitur yaitu fitur ceklis keselamatan berkendara, peringatan batas kecepatan, peringatan pengereman mendadak, peringatan menerima telepon saat berkendara, dan peringatan batas waktu berkendara. Jasa Raharja Lahat mengajak para pengemudi ojek online untuk mengunduh aplikasi JR Safety Road tersebut.
Dalam rangka mendukung program pemerintah, Jasa Raharja Lahat juga turut mensosialisasikan program pemutihan pajak kendaraan bermotor. Program ini memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk melunasi tunggakan pajak kendaraannya dengan potongan atau pembebasan denda. Adapun keringanan yang diberikan yaitu apabila menunggak pajak dua tahun atau lebih cukup membayar satu tahun tunggakan dan satu tahun berjalan, dan diskon BBN-KB (Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor) sebesar 50%, bebas denda & bunga pajak kendaraan bermotor, bebas pajak progresif, serta bebas denda SWDKLLJ tahun-tahun lalu.
Para pengemudi ojek online menyambut baik dan sangat antusias mengikuti sosialisasi yang dilakukan oleh Jasa Raharja Lahat. “Sosialisasi ini sangat bermanfaat bagi kami sebagai pengemudi ojek online. Kami menjadi lebih memahami pentingnya keselamatan berlalu lintas dan peran Jasa Raharja,” ujar Alex, salah satu pengemudi ojek online yang hadir.
Kepala Jasa Raharja Lahat, Arya Aditya berharap melalui sosialisasi ini, kesadaran masyarakat akan keselamatan berlalu lintas dapat semakin meningkat. “Kami juga berharap kerjasama dengan para pengemudi ojek online dapat terus terjalin dengan baik, sehingga dapat menciptakan kondisi lalu lintas yang aman dan nyaman bagi semua pengguna jalan,” pungkasnya.
PT. Jasa Raharja sebagai BUMN yang diberikan amanah untuk memberikan perlindungan dasar kepada Masyarakat korban kecelakaan lalu lintas jalan terus berkomitmen menghadirkan pelayanan prima. Hal itu sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang No. 33 dan 34 tahun 1964 tentang Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang Umum dan Lalu Lintas Jalan, yang tak lain merupakan salah satu bentuk kehadiran Negara memberikan perlindungan dasar bagi korban kecelakaan lalu lintas.